Cara Memilih Produk Makeup dan Skin Care untuk Kulit Berjerawat

Jika Anda adalah pemilik kulit berjerawat, kira-kira hal apakah yang menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih sebuah produk kecantikan? Mungkin jawabannya akan cukup beragam, mulai dari mengecek review  hingga membeli produk share in jar. Namun yang pasti, tidak ada yang akan asal membeli. Pasalnya, memilih makeup maupun skin care untuk kulit berjerawat tentu membutuhkan perhatian ekstra. Jika asal memilih, bisa-bisa jerawat pada wajah akan bertambah semakin parah. Duh! Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, yuk, lihat cara memilih produk makeup maupun skin care untuk kulit berjerawat berikut!

5 Cara Memilih Makeup Skin Care untuk Kulit Berjerawat

Pilih Produk Non-comedogenic

Produk Non-comedogenic

Meskipun terdengar ilmiah, secara sederhananya ‘comedogenic’ memiliki arti ‘menyumbat pori-pori’. Maka, non-comedogenic merupakan produk dengan kandungan yang tidak akan menyumbat pori-pori. Nah, untuk memilih produk non-comedogenic, Anda tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu kandungan yang ada dalam sebuah produk, kok. Kini, sebagian besar produk akan menuliskan label non-comedogenic pada kemasannya jika produk tersebut memang memiliki kandungan yang tidak menyumbat pori-pori. Jadi, jika Anda ragu, utamakan untuk memilih produk dengan label non-comedogenic untuk memperkecil kemungkinan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat, ya!

Hindari Kandungan Irritants

hindari iritasi cosmetic

Selain disebabkan karena pori-pori tersumbat, jerawat–terutama breakout kerap terjadi karena adanya kandungan yang bersifat mengiritasi alias irritants. Misalnya nih, parfum, pewarna, alkohol, atau minyak. Lagi-lagi, cara termudah untuk menghindari kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit adalah dengan membaca label yang tertera pada produk. Untuk amannya, Anda bisa mencari kata-kata seperti ‘fragrance-free’ atau ‘oil-free’. Namun, tidak ada salahnya juga lho mempelajari cara membaca label ingredients produk kecantikan agar Anda tidak menelan mentah-mentah label yang tertera pada produk.

Perhatikan Kandungan Medicated dalam Produk

Kandungan Medicated

Kalau untuk produk skin care tentu kandungan medicated atau kandungan aktif yang diformulasikan untuk melawan jerawat akan lebih mudah dikenali. Mulai dari benzoyl peroxide, tea tree oil, salicylic acid, azelaic acid, dan masih banyak lagi. Namun, tidak hanya dalam produk skin care, beberapa produk makeup pun kerap memasukkan kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk melawan jerawat ke dalam formulasinya. Nah, jika Anda ingin memilih produk makeup yang ‘ramah’ untuk kulit berjerawat, coba intip kandungan yang ada di dalamnya sebelum membeli, ya!

Berhati-hati dengan Produk Shimmery dan Warna Merah

Shimmery cosmetic

Hayo, dari deretan produk makeup yang Anda miliki, ada berapa produk yang memiliki hasil akhir shimmery? Mulai dari eyeshadow, blush on, dan tentunya highlighter umumnya diformulasikan dengan mica, mineral yang memberikan efek shimmery. Partikel mica memiliki sudut yang tajam, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan jerawat.

Sedangkan, pigmen warna merah pada kosmetik umumnya merupakan turunan dari kandungan tar yang bersifat sangat comedogenic alias sangat berpotensi menyumbat pori-pori. Karena cukup sulit untuk dihindari, Anda bisa meminimalisir potensi jerawat yang terjadi dengan memastikan makeup sudah terangkat hingga bersih dengan melakukan double cleansing setiap harinya.

Beralih ke Mineral Makeup

mineral makeup

Sering mendengar istilah mineral makeup belakangan ini? Yup, kosmetik dengan bahan dasar mineral alami seperti mica, iron oxides, takc, zinc dioxide, dan titanium dioxide ini memang kini semakin digemari. Nah, kalau tadi makeup shimmery dengan kandungan mica sebaiknya dihindari, berbeda halnya dengan mineral yang digunakan secara khusus untuk mineral makeup. Mineral-mineral dalam mineral makeup akan diurai ke dalam bentuk mikro hingga menjadi partikel kecil yang kemudian akan dikolaborasikan dengan bahan-bahan penunjang lainnya untuk membuat makeup.

Oleh karena itu, mineral makeup memiliki formulasi yang lebih ringan, tidak membuat riasan terlihat menggumpal, serta tidak mengendap di wajah sehingga tidak akan menyumbat pori. Oh, iya, tidak hanya itu saja, mineral makeup juga tidak mengandung minyak emolien, pewangi, serta bahan pengawet yang berbahaya bagi kulit jika digunakan secara terus-menerus. Pas sekali nih untuk alternatif makeup selama kulit berjerawat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top