Tahapan Skin Care yang Perlu Anda Lakukan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Setelah sukses ‘membasmi’ jerawat membandel pada wajah, biasanya Anda akan dihadapkan dengan masalah baru: bekas jerawat. Meskipun tidak selalu menyebabkan bekas, beberapa faktor seperti tidak sengaja memencet jerawat, penggunaan spot treatment yang terlalu keras, atau mengeluarkan jerawat dengan cara yang salah dapat berujung pada timbulnya bekas jerawat. Dari beberapa jenis bekas jerawat yang mungkin terjadi, hiperpigmentasi atau terjadinya perubahan warna kulit yang tampak seperti noda hitam adalah yang paling sering terjadi. Nah, jika Anda sedang berusaha mengusir bekas jerawat dari wajah, yuk, lakukan tahapan skin care berikut!

Cara Mengusir Bekas Jerawat

Eksfoliasi

Eksfoliasi Wajah

Sudah menggunakan serum dengan khasiat mencerahkan namun belum melihat adanya perubahan? Mungkin salah satu penyebabnya adalah Anda melewatkan eksfoliasi. Agar kulit dapat beregenerasi, tentu sel-sel kulit mati serta kotoran yang ada pada permukaan kulit perlu diangkat terlebih dahulu. Proses eksfoliasi akan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenrasi kulit, sekaligus membantu memperbaiki tekstur kulit yang mungkin terasa kasar karena bekas jerwat. Anda dapat menggunakan exfoliator yang sekaligus memiliki efek mencerahkan seperti glycolic acid atau retinoid untuk memaksimalkan proses eksfoliasi.

Serum

serum-skin-lead

Dari kelima tahapan untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah, penggunaan serum mungkin menjadi tahapan yang paling vital. Sebagaimana yang sudah Anda ketahui, serum merupakan produk skin care dengan konsentrasi tinggi yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit spesifik, misalnya ya bekas jerawat ini. Nah, untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel, Anda tidak bisa asal memilih serum. Pilihlah serum dengan kandungan untuk mencerahkan kulit yang dapat membantu memudarkan pigmentasi pada bekas jerawat, misalnya niacinamide, kojic acid, atau vitamin C.

Face Oil

face-oil

Selain menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bejas jerawat secara alami, penggunaan face oil juga menjadi salah satu tahapan yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan kerja serum agar bekas jerawat semakin cepat pudar. Pilihan face oil yang dapat Anda coba di antaranya adalah grapeseed oil yang dapat menghidrasi kulit serta membersihkan pori-pori dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau tidak cocok menggunakan face oil, Anda dapat menggunakan booster yang memiliki fungsi sama untuk memaksimalkan kerja serum.

Moisturizer

Moisturizer Face

Secara teknis, bekas jerawat merupakan luka yang terjadi pada kulit akibat jerawat. Jadi, sama halnya sebagaimana jika Anda ingin menyembuhkan luka, untuk mempercepat proses mengatasi bekas jerawat, Anda perlu ‘memulihkan’ kulit pada area tersebut dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan moisturizer. Saat kulit dalam keadaan lembap dan terhidrasi dengan baik, sel-sel kulit dapat bekerja dengan optimal dan mempercepat proses regenerasi kulit yang akan membantu memudarkan bekas jerawat. Untuk manfaat ekstra, Anda bisa memilih moisturizer dengan kandungan yang memiliki efek mencerahkan seperti vitamin C atau licorice extract, lho!

Sunscreen

Skincare Sunscreen

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya antara bekas jerawat dengan perlindungan dari sinar matahari? Tanpa penggunaan sunscreen, cara kulit untuk melindungi dirinya dari sinar UV adalah dengan melepaskan melanin alias pigmen warna yang dapat membuat kulit tampak semakin gelap. Tidak hanya itu saja, radikal bebas yang terdapat pada sinar UV pun akan mengganggu sel-sel kulit sehat. Nah, tidak hanya mengganggu kesehatan kulit, kombinasi kedua hal tersebut tentu akan membuat bekas jerawat yang sudah gelap semakin gelap dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memudar. Oleh karena itu, jika ingin bekas jerawat Anda cepat hilang, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top