5 Kebiasaan Yang Dapat Menimbulkan Masalah Pada Kulit

Anda merasa sudah melakukan perawatan yang benar dan tepat, tetapi kulit kok tetap bermasalah, kering atau jerawatan? Bisa jadi hal ini akibat dari kebiasaan sehari-hari yang salah. Timbulnya masalah kulit bukan saja dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh, tetapi juga dari luar tubuh Anda. Jangan sampai Anda melakukan 5 kebiasaan yang dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Kebiasaan Buruk Yang Berdampak Pada Kulit

1. Berbicara terlalu lama dengan handphone

kebiasaan menelfon

Mungkin sekilas Anda bertanya, apa hubungannya? Sadarkah Anda ponsel atau gadget yang selalu Anda bawa dan pegang merupakan salah satu sumber berpindahnya bakteri ke wajah? Pastinya Anda meletakkan ponsel di berbagai tempat seperti meja, atau bisa jadi terjatuh ke lantai. Jadi, bayangkan apa yang terjadi apabila ponsel menempel pada bagian pipi dalam waktu yang cukup lama? Bersihkan ponsel menggunakan tisu yang mengandung anti-bakteri sesering mungkin agar tetap bersih.

2. Membiarkan rambut jatuh pada wajah Anda

rambut menutupi wajah

Rambut sudah pasti memiliki kandungan minyak alami yang dengan mudahnya tertempel debu atau kotoran setelah beraktivitas di luar ruangan. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan memiliki poni yang menempel pada kening, coba singkirkan rambut dari area wajah. Hal ini dapat menyebabkan kotoran pada rambut berpindah ke wajah dan menimbulkan atau memperparah jerawat. Usahakan mencuci rambut Anda paling tidak dua hari sekali terutama pada bagian poni.

3. Tidak mengganti seprai secara rutin

seprai ranjang

Ganti alas ranjang atau seprai paling tidak seminggu sekali. Pastikan Anda tetap menjaga alas tidur tetap bersih karena ini bisa jadi alasan utama mengapa Anda sering berjerawat. Pada dasarnya, tempat Anda tidur bisa menjadi salah satu sarang kuman, bakteri, atau sel kulit mati akibat kotoran, keringat dan sebagainya. Jika Anda tidak mencuci rambut di hari sebelumnya, beri alas kain atau handuk pada bantal untuk mencegah menempelnya rambut langsung pada alas bantal agar sarung bantal tidak cepat kotor.

4. Terlalu banyak mencoba berbagai macam produk

kosmetik

Menggunakan berbagai macam pelembab atau serum wajah tidak sama dengan mencoba berbagai macam makanan. Mungkin Anda senang ketika ada kesempatan mencoba produk kecantikan mulai dari yang paling jitu hingga termahal. Nah, hal inilah yang sebaiknya harus dihindari. Dengan mencoba berbagai macam produk apalagi secara bersamaan, tekstur kulit bukannya membaik namun justru berisiko iritasi. Kuncinya, coba gunakan satu persatu selama jangka waktu tertentu. Jika tidak cocok dan terjadi reaksi alergi, hentikan penggunaannya segera. Apabila sudah menemukan produk yang cocok, lanjutkan pemakaiannya secara rutin. Jika Anda ingin mencoba perawatan kulit lainnya, sebaiknya cari ulasan dan kandungan produknya terlebih dahulu.

5. Tidak membersihkan peralatan makeup

peralatan makeup

Hal ini tentunya sudah tidak mengejutkan lagi. Menggunakan kuas atau spons secara berulang kali tanpa membersihkannya dapat berakibat buruk pada kulit wajah Anda. Bakteri yang menempel pada kuas mampu menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, dan iritasi. Jika Anda gemar memakai makeup, pastikan Anda selalu membersihkannya minimal seminggu sekali dengan sabun pembersih kuas.
4Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top